Chatouiller (Menggelitik)

9206448166_b45803a22e_b

Dalam rahim nan suci
Lutut dan jiwaku menekuk
malu. Sekaligus bertanya-tanya
bilamana aku ‘kan terlahir
dari sempit-menyiksanya perjalanan ini

Perjalanan fana
Kala suara tak lagi terdengar bersua
Jerit relung dan bayang hati ini tersangkut
pada gerigi kerongkongan
Di sanalah tempatku dilahirkan

Tapi aku tak kunjung dilahirkan
Asa dalam diri terabaikan gelora jiwa yang
kau dan aku sebut sebagai ego semata
Aku tak kunjung dilahirkan
Sekalipun kukatakan bahwa yang kubutuhkan
bukan emas permata atau berlian

Aku hanyalah seonggok asa
Sejentik rasa
Sehelai bulu yang menggelitik lubuk-lubuk hati manusia
Tatkala mata mereka dipertemukan
Dengan sesama yang tak serupa

Namun masih kulihat mereka
yang mengangkat kepala
Menjenjangkan leher-leher jumawa
dan tampak mereka lupa, bahwasanya
di balik benteng megah persinggahan kita
Jutaan mulut masih mengais iba
Sesekali bertanya
kapankah suap kehidupan bakal tiba

Jawabnya terpatri di sisi kota
Di mana berpasang tungkai kaku
diam di balik jeruji akademisi
Dan ‘biarkan udara senandungkan kabar pengiris hati
Asa hanyalah asa begitu pun rasa
Tak ada yang mampu kulakukan
selain diam. Meratap dalam rahim ibu kehidupan
yang juga tampak kelam

Kalau begitu inginku tak muluk-muluk
Minta dilahirkan ke dunia
Aku hanya ingin sebatas jadi emosi
Berdiam diri dalam jantung dan hati
Bukan lantas hanya jadi hatimu atau hatiku
Tapi hati manusia
penghuni dunia. Atau kucukupkan di panggung ini
jika pintaku terlampau melimpah

Aku ingin menatap dunia
Merasai matahari mengintip
lewat celah di pintu hati kita
Aku ingin melihat bahagia
Ketika manusia berbagi senangnya
pada sesama yang tak serupa

Jika memang aku, yang kausebut-sebut sebagai nurani
tak bakal kaulahirkan, Ibu
Biarkan aku berdiam diri
Mengendap pada jantung dan hati
Mengajak manusia meresapi bulir-bulir pemapah jiwa
Dan dengan lantang mendeklarasikan diri
sebagai mereka yang masih peduli

Oktober 2014
Dari judul asli ‘Sepatah Kata dari Lubuk Hati’
Konser Amal Fakultas Ungu

Leave a Reply

